fbpx

10 Jenis Burung Kicau Paling Populer untuk Dipelihara di Rumah

By ojan 6 Min Read

Burung kicau merupakan hewan yang banyak digemari oleh pecinta burung di seluruh dunia. Mereka memiliki suara yang indah dan menarik, sehingga sering dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah.

Berikut adalah 10 jenis burung kicau paling populer yang sering dipelihara di rumah:

1. Kenari

Sejumlah Fakta Burung Kenari yang Menarik untuk Diketahui ...

Kenari adalah salah satu jenis burung kicau yang paling populer di dunia. Mereka dikenal dengan suara kicauan yang merdu dan variasi warna bulunya yang cantik. Kenari juga mudah untuk dirawat dan dilatih, sehingga cocok untuk pemula yang ingin memelihara burung kicau. biasanya memiliki lurik berwarna coklat pada punggungnya. Burung kenari pertama ditemukan Oleh Pelaut Prancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15.

2. Lovebird

10 Jenis Burung Lovebird dengan Warna yang Sangat Indah | BukaReview

Lovebird adalah burung kicau yang memiliki kepribadian yang lucu dan aktif. Mereka juga dikenal dengan suara kicauan yang ceria dan ramah. Lovebird memiliki warna bulu yang beragam, sehingga menjadi pilihan yang menarik untuk dipelihara di rumah. satu dari sembilan burung jenis spesies genus Agapornis. Mereka adalah burung yang berukuran kecil, antara 13 sampai 17 cm dengan berat 40 hingga 60 gram, dan bersifat sosial.

3. Murai Batu

Tips Penting Perawatan Burung Murai Batu untuk Pemula ...

Murai Batu adalah burung kicau yang terkenal dengan kicauan yang lantang dan merdu. Mereka memiliki bulu yang indah dan ekor panjang yang membuatnya terlihat elegan. Murai Batu juga mudah dilatih dan memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta burung kicau. Murai Batu termasuk ke dalam famili Muscicapidae atau burung cacing. Tersebar di seluruh pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, dan sebagian pulau Jawa.

4. Cucak Hijau

Greater Green Leafbird Male (Chloropsis sonnerati) | Beautiful birds, Green  bird, Animals and pets

Cucak Hijau juga dikenal dengan sebutan burung daun, Cucak Ijo dan murai daun, adalah jenis burung pengicau dalam famili Chloropseidae yang seluruh badannya didominasi oleh warna hijau. burung kicau yang memiliki suara kicauan yang khas dan merdu. Mereka juga dikenal dengan bulu hijau yang indah dan ekor panjang yang menjuntai. Cucak Hijau merupakan burung yang cukup aktif dan membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kecantikan bulunya.

5. Pleci

Kicau Mania: Burung Pleci Asli Gunung Muria, Pemilik Suara ...

Pleci adalah burung kicau yang memiliki suara kicauan yang unik dan beragam. Mereka juga dikenal dengan bulu yang cantik dan warna yang cerah. Pleci merupakan burung yang pintar dan mudah dilatih, sehingga cocok untuk pemula yang ingin memelihara burung kicau. Genus memiliki jumlah spesies terbesar dalam keluarga mata putih. Mereka terjadi di alam Afrotropis, Indomalayan, dan Australasia. Khas mata putih memiliki panjang antara 8 dan 15 cm.

6. Kacer

Apa Keistimewaan Burung Kacer hingga Bernilai Jual Ratusan ...

Kacer adalah burung pengicau kecil yang sebelumnya dikelompokkan sebagai anggota keluarga Turdidae, tetapi kini dianggap sebaagi anggota Muscicapidae. burung kicau yang memiliki suara kicauan yang keras dan bervariasi. Mereka juga dikenal dengan bulu yang tebal dan ekor panjang yang membuatnya terlihat gagah. Kacer merupakan burung yang aktif dan cerdas, sehingga membutuhkan perawatan dan latihan yang intensif.

7. Branjangan

Branjangan jawa (grup javanica) - eBird

Branjangan adalah spesies burung pengicau yang termasuk kedalam famili alaudidae, burung ini mendiami padang rumput di sebagian besar Australia dan sebagian besar Asia Tenggara. burung kicau yang memiliki suara kicauan yang merdu dan ceria. Mereka juga dikenal dengan bulu yang tebal dan warna yang cerah. Branjangan merupakan burung yang ramah dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

8. Burung Parkit

Ring-necked parakeet | New Scientist

Burung Parkit adalah salah satu sebutan untuk spesies burung bayan berukuran kecil hingga sedang, dalam berbagai genera, yang umumnya memiliki bulu ekor panjang. burung kicau yang memiliki suara kicauan yang nyaring dan ceria. Mereka juga dikenal dengan bulu yang berwarna-warni dan ekor yang panjang. Burung Parkit merupakan burung yang aktif dan lincah, sehingga membutuhkan kandang yang cukup besar untuk bergerak bebas.

9. Jalak Bali

Jalak Bali: Taksonomi, Morfologi, dan Perilaku

Jalak Bali adalah sejenis burung pengicau berukuran sedang, dengan panjang lebih kurang 25 cm, dari suku Sturnidae. Ia turut dikenali sebagai Curik Ketimbang Jalak. Jalak Bali hanya ditemukan di hutan bagian barat Pulau Bali dan merupakan hewan endemik Indonesia. burung kicau yang memiliki suara kicauan yang merdu dan indah. Mereka juga dikenal dengan bulu hitam yang mengkilap dan paruh yang panjang. Jalak Bali merupakan burung yang aktif dan cerdas, sehingga membutuhkan perawatan dan stimulasi yang baik untuk menjaga kesehatannya.

10. Anis Merah

Anis merah - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Anis Merah adalah salah satu jenis burung kicau dari keluarga Turdidae dan Genus Geokichla. Burung ini bersifat omnivora, memakan berbagai macam serangga, cacing tanah, dan buah yang dapat dijumpai di beberapa daerah Sub-benua India dan Asia Tenggara berlahan basah dan berakar. burung kicau yang memiliki suara kicauan yang keras dan bervariasi. Mereka juga dikenal dengan bulu yang berwarna cerah dan ekor yang panjang. Anis Merah merupakan burung yang aktif dan lincah, sehingga membutuhkan kandang yang cukup besar untuk bergerak bebas.

Kesimpulan

Burung kicau merupakan hewan yang indah dan menarik untuk dipelihara di rumah. Mereka tidak hanya memberikan hiburan dengan kicauan mereka yang merdu, tetapi juga dapat menjadi teman yang setia bagi pemiliknya. Memilih burung kicau yang tepat sesuai dengan preferensi dan kemampuan merawat merupakan langkah penting dalam memelihara burung kicau di rumah. Dengan memberikan perawatan yang baik dan kasih sayang, burung kicau Anda akan tetap sehat dan bahagia di lingkungan rumah yang nyaman.

Share This Article
By ojan
Ojan, yang akrab dipanggil Kaka Fauzan, adalah seorang copywriter berbakat yang mengabdikan dirinya untuk memberikan informasi dan tips terkini seputar dunia hewan peliharaan. Dengan panggilan akrab "Kaka Fauzan," Ojan menciptakan hubungan dekat dengan para pembacanya, mencerminkan pendekatan hangat dan ramahnya terhadap komunitas pecinta hewan.
Leave a comment